Dalam membaca kitab suci al qur'an ataupun memegangnya
apakah wanita harus dalam keadaan suci < tidak sedang
haid-menstruasi> dan mestikah harus berkeadaan belum batal dari
wudhu kita?
Jazzakallah khoer.
Jazzakallah khoer.
Jawaban:
3 - مس المصحف كله أو بعضه ولو آية: والمحرم هو لمس الآية ولو
بغير أعضاء الطهارة لقوله تعالى: {لا يمسه إلا المطهرون} [الواقعة:79/56]،
أي المتطهرون، وهو خبر بمعنى النهي، ولقوله صلّى الله عليه وسلم : «لا يمس
القرآن إلا طاهر» (4) ، ولأن تعظيم القرآن واجب، وليس من التعظيم مس
المصحف بيد حلَّها الحدث.
واتفق الفقهاء على أن غير المتوضئ يجوز له تلاوة القرآن أو النظر إليه دون لمسه، كما أجازوا للصبي لمس القرآن للتعلم؛ لأنه غير مكلف، والأفضل التوضؤ.
وقد حرم المالكية والشافعية مس القرآن بالحدث الأصغر ولو بحائل أو عود، وأجاز الحنفية والحنابلة مسّه بحائل أو عود طاهرين.
(4) روي من حديث عمرو بن حزم عند الأثرم وأبي داود والنسائي، وعن ابن عمر عند الدارقطني والطبراني والبيهقي، وعن عثمان بن أبي العاص عند الطبراني، وعن ثوبان إلا أن الأخير في غاية الضعف عنه، والأحاديث الأخرى ضعيفة، ورواه مالك مرسلاً عن عمرو ابن حزم (نيل الأوطار: 205/1، نصب الراية: 196/1).
واتفق الفقهاء على أن غير المتوضئ يجوز له تلاوة القرآن أو النظر إليه دون لمسه، كما أجازوا للصبي لمس القرآن للتعلم؛ لأنه غير مكلف، والأفضل التوضؤ.
وقد حرم المالكية والشافعية مس القرآن بالحدث الأصغر ولو بحائل أو عود، وأجاز الحنفية والحنابلة مسّه بحائل أو عود طاهرين.
(4) روي من حديث عمرو بن حزم عند الأثرم وأبي داود والنسائي، وعن ابن عمر عند الدارقطني والطبراني والبيهقي، وعن عثمان بن أبي العاص عند الطبراني، وعن ثوبان إلا أن الأخير في غاية الضعف عنه، والأحاديث الأخرى ضعيفة، ورواه مالك مرسلاً عن عمرو ابن حزم (نيل الأوطار: 205/1، نصب الراية: 196/1).
HUKUM MEMEGANG ALQURAN TANPA KEADAAN SUCI
Ulama Madzhab Arba'ah (Malikiyyah, Syafiiyyah, Malikiyyah
dan hanabilah) sepakat menyentuh semua/sebagian/bahkan hanya satu ayat
alquran tidak dalam keadaan suci (punya hadats kecil/besar) haram
hukumnya berdasarkan :
• Firman Allah Ta’ala “Tidak boleh menyentuhnya kecuali
orang-orang yang suci” (QS. Al-waqiah ayat 79), Artinya yang dalam
keadaan suci.
• Sabda nabi Muhammad “Tidak boleh menyentuh alQuran
kecuali orang yang suci” (HR. Abu Daud, an-Nasaa-I, ad-daaruquthny,
Baehaqy, Thobrony dan Malik (Nail al-authaar I/205, Nashb arriwaayah
I/196)
• Sebagai bentuk adab/etika terhadap alquran yang harus
dilakukan, dan bukan termasuk beretika baik bagi orang yang menyentuhnya
dalam keadaan hadats.
واتفق الفقهاء على أن غير المتوضئ يجوز له تلاوة القرآن أو
النظر إليه دون لمسه، كما أجازوا للصبي لمس القرآن للتعلم؛ لأنه غير مكلف،
والأفضل التوضؤ.
وقد حرم المالكية والشافعية مس القرآن بالحدث الأصغر ولو بحائل أو عود، وأجاز الحنفية والحنابلة مسّه بحائل أو عود طاهرين.
وقد حرم المالكية والشافعية مس القرآن بالحدث الأصغر ولو بحائل أو عود، وأجاز الحنفية والحنابلة مسّه بحائل أو عود طاهرين.
Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah, Syafi’iyyah, malikiyyah
dan hanabilah) sepakat membolehkan membaca alQuran atau sekedar
melihatnya meskipun tanpa wudhu tapi tidak menyentuhnya, mereka juga
sepakat bagi anak-anak kecil juga dibolehkan memegang alquran untuk
belajar karena mereka masih belum mukallaf namun yang utama tetap
memakai wudhu.
Kalangan malikiyyah dan syafi’iyyah mengharamkan memegang
alQuran saat seseorang menanggung hadats kecil meskipun memakai sarana
hail (penghalang) atau kayu (tidak menyentuhnya secara langsung) namun
kalangan Hanafiyyah dan hanabilah membolehkannya asalkan penghalang dan
kayunya suci dari najis.
Fiqh al-Islaam wa Adillatuh I/394
________
Fiqh al-Islaam wa Adillatuh I/394
________
PERTANYAAN:
menurut ahli fiqih diatas dikatakan bahwa walau dlm keadaan tdk wudlu kta bleh membaca atau sekedar melihat.
Apa ini juga berlaku untuk hadats besar?
Apa ini juga berlaku untuk hadats besar?
JAWABAN:
Kalau hadats besar diharamkan juga membaca alQuran bila tujuannya memang membaca namun bila bertujuan untuk dzikir boleh...
Kalau melihat tanpa dibaca tetap boleh asal tidak menyentuhnya......
______________
Kalau melihat tanpa dibaca tetap boleh asal tidak menyentuhnya......
______________
PERTANYAAN:
Bukankah kalau kita membaca al qur'an, Berarti kita tadarus
dan pasti berniat untuk membacanya krn al qur'an sendiri berisi surat2 y
terdiri dr ayat2 al qur'an.
Sdg bacaan zikir itu tertentu, seperti bacaan tasbih, istighfar,dll.
Mohon penjelasan..
Sdg bacaan zikir itu tertentu, seperti bacaan tasbih, istighfar,dll.
Mohon penjelasan..
JAWABAN:
Seperti saat mau/setelah makan baca BISMILLAH dan
ALHAMDULILLAH,, itu ayat Alqur'an, tapi apa pernah saat setelah makan
sewaktu membacanya itu berniat baca Qur'an ?
________________
________________
PERTANYAAN:
Bolehkah membawa Alqur'an dalam tas tanpa wudhu?
JAWABAN:
Boleh bila niatnya semata-semata membawa TAS.
Bila niatnya membawa alquran yang didalamnya atau membawa TAS dan alqurannya maka haram..
Bila niatnya membawa alquran yang didalamnya atau membawa TAS dan alqurannya maka haram..
وإذا كان المصحف موضوعا في أمتعة المنزل . في صندوق أو
ملابس أو نحو ذلك فإنه لا يحل حمل هذه الأمتعة بدون وضوء إلا إذا
كانت هي مقصودة بالحمل وحدها فإذا قصد حمل المصحف معها أو
قصد حمله وحده حرم ذلك بدون وضوء )
ملابس أو نحو ذلك فإنه لا يحل حمل هذه الأمتعة بدون وضوء إلا إذا
كانت هي مقصودة بالحمل وحدها فإذا قصد حمل المصحف معها أو
قصد حمله وحده حرم ذلك بدون وضوء )
Bila Mushaf diletakkan pada sebuah peralatan-peralatan
rumah dalam kotak atau pakaian atau lainnya maka tidak boleh membawa
peralatan ini tanpa wudhu kecuali bila peratannya yang menjadi tujuannya
dalam membawanya, bila tujuannya membawa alquran yang ada didalamnya
atau bertujuan membawa quran dan peralatannya maka haram membawanya
tanpa wudhu.
al-Fiqh ala Madzaahib al-arbaah I/48
Masaji Antoro - Pustaka Ilmu Sunni Salafiyyah
Masaji Antoro - Pustaka Ilmu Sunni Salafiyyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar